Cara Untuk Menambahkan Teks Di Rumus (Formula) Ms. Excel
Mas Operator. Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semuanya, kembali Saya (Mas Operator) menyapa Sobat Blogger semuanya sekaligus akan berbagi sedikit informasi atau pun tutorial sederhana mengenai Aplikasi Excel. Dan sesuai dengan judul artikel/postingan ini, Saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana mengenai cara untuk menambahkan teks (karakter) di rumus (formula) Ms. Excel.
Mungkin kebanyakan dari Sobat Blogger semuanya sudah tahu mengenai bagaimana cara untuk menambahkan teks atau pun karakter pada sebuah rumus (formula) pada lembar kerja Ms. Excel, namun tidak menutup kemungkinan pula ada dari beberapa Sobat Blogger yang belum mengetahunya.
Menambahkan sebuah teks atau pun karakter merupakan sebuah cara atau trik yang bisa kita manfaatkan pada saat kita bekerja menggunakan Aplikasi Ms. Excel, karena bisa membuat pekerjaan kita akan terasa lebih ringan atau pun cepat, terlebih lagi bagi Sobat Blogger yang sering membuat aplikasi sederhana menggunakan Aplikasi Ms. Excel.
Pada artikel/postingan ini Saya akan memberikan sebuah contoh mengenai penambahan teks atau pun karakter pada sebuah rumus di lembar kerja Aplikasi Ms. Excel, dan contoh yang akan Saya berikan adalah menambahkan teks pada saat kita menuliskan identisa dari guru atau pun kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak penjelasannya di bawah ini :
Disini Saya akan membuat sebuah lembar kerja dimana didalamnya terdapat 2 (dua) buah sheet, untuk sheet 1 merupakan tempat untuk menuliskan identitas, dan sheet 2 merupakan tempat untuk menampilkan hasil dari inputan yang dikerjakan pada sheet 1. Perhatikan gambar di bawah ini :
Agar teks yang ada pada sheet 1 bisa masuk ke sheet 2 biasanya yang kita gunakan adalah rumus (formula) = ditambahkan dengan tanda (!) dan alamat cell pada sheet 1 yang kita inginkan pada contoh seperti berikut ini :
Dan jika Sobat perhatikan pada gambar sheet 2 di atas, pada cell yang berisi NIP hanya muncul NIPnya saja, padahalan disini kita menginginkan agar pada cell yang nantinya muncul NIP akan ada teks NIP sebelum angka (NIP) tersebut.
Untuk dapat menambahkan teks NIP sebelum angka (NIP) kita hanya merubah sedikit pada rumus (formula) yang tadi. Dan berikut ini perubahannya :
Pada sheet 2 untuk angka (NIP) kita bisa mengambil data dari sheet 1 pada cell E7, jadi rumus umumnya adalah seperti berikut ini :
=Sheet1!E7
Dan untuk menambahkan teks NIP sebelum angka (NIP) tersebut, kita hanya mengubahnya menjadi seperti berikut ini :
="NIP. "&Sheet1!E7 (tanda petik+NIP+titik+spasi+tanda petik+Sheet1!E7) maka akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini :
Salam Mas Operator!!!
#RumusExcel
#MasOperator
Post a Comment for "Cara Untuk Menambahkan Teks Di Rumus (Formula) Ms. Excel"
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :