Memanfaatkan Router FiberHome HG6243C Untuk Memperluas Jangkauan Wifi (Internet) - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memanfaatkan Router FiberHome HG6243C Untuk Memperluas Jangkauan Wifi (Internet)

Mas Operator. Router FiberHome HG6243C merupakan sebuah router yang biasa diberikan oleh Provider Telkom kepada para pelanggannya, namun ternyata tidak sedikit banyak yang menjualnya melalui Market Place.

Untuk penampakan dari Router FiberHome HG6243C ini adalah seperti pada gambar di bawah ini :

Memanfaatkan Router FiberHome HG6243C Untuk Memperluas Jangkauan Wifi (Internet)

Menurut Saya router ini cukup bagus (handal) untuk dijadikan relay (repeater) dengan tujuan untuk memperluas jangkauan Wifi kita. Dan untuk perlu diketahui, bahwa untuk mengakses halaman web management dari router FiberHome HG6243C ini kita bisa mengaksesnya melalui web browser dengan menuliskan alamat IP dari router ini. Untuk alamat IP default router ini biasanya adalah 192.168.1.1 kemudian untuk user dan password ada dua, yakni :

user : user

Password : user1234

user : admin

Password :  %0|F?H@f!berhO3e

Dari kedua user di atas terdapat perbedaan hak ases, untuk user kita tidak bisa mengakses menu/fitur dari router ini secara penuh, sedangkan admin sebaliknya, kita bisa mengakses menu/fitur secara penuh. Atau dengan kata lain admin ini adalah super admin (root).

Baiklah, sekarang Saya lanjutkan ke pokok pembahasan dari artikel/postingan ini. Disini Saya akan menggunakan router FiberHome HG6243C ini sebagai relay (repeater) atau untuk memperluas jangkauan dari wifi Saya.

Seperti yang sudah Saya tuliskan di atas, untuk mengakses halaman web management router ini kita bisa memanggilnya menggunakan alamat IP melalui web browser 192.168.1.1. Nah, disini permasalahnnya adalah IP dari router utama Saya sama dengan IP router ini, jadi Saya harus mengubah IP dari router ini terlebih dahulu. Untuk mengubah IP dari router ini berikut langkah-langkahnya :

1. Hubungkan router FiberHome HG6243C ini ke laptop/PC menggunakan kabel LAN, kemudian setting alamat IP laptop/PC kita supaya satu segment dengan IP router ini. (IP laptop Saya setting 192.168.1.10);

2. Buka Web Browser, kemudian ketikan 192.168.1.1, login menggunakan akun admin seperti yang sudah Saya tuliskan di atas (agar kita bisa mengakses secara penuh).

Tampilan di atas merupakan tampilan awal (halaman awal) ketika kita mengakses web management dari router ini. 

3. Kita ubah alamat IP dari router ini agar tidak sama dengan router utama (yang memiliki koneksi internet), karena kebetulan alamat IP dari router utama Saya sama (192.168.1.1). Maka Saya mengubah alamat IP dari router ini menjadi 192.168.1.2. Dengan cara klik pada menu Network kemudian klik menu LAN Settings :


Pada baris LAN Interface Saya tuliskan 192.168.1.2, kemudian pada baris DNS Source Saya pilih Relay, kemudian pada baris DHCP Service memilih Disable. Akhiri dengan klik Apply. Secara otomatis router akan reboot. Setelah itu untuk mengakses web management router ini sekarang kita gunakan alamat IP 192.168.1.2 pada web browser (karena alamat IP sudah berganti).

4. Mengubah SSID (nama Wifi), pada halaman web management router ini kita klik pada menu Network kemudian pada deret menu WLAN Setting klik pada menu Advanced :

Memanfaatkan Router FiberHome HG6243C Untuk Memperluas Jangkauan Wifi (Internet)

Pada SSID Nama : tuliskan nama Wifi (bebas), pada Security Mode Saya memilih WPAPSKWPA2PSK, kemduian pada opsi WPA Algorithms Saya memilih TKIPAES, pada opsi Passphrase (Password Wifi) kita ketikkan bebas. Akhiri dengan klik Apply.

Untuk Setting pada router FiberHome HG6243C ini sudah selesai. Tinggal kita colokkan router ini menggunakan kabel LAN ke router utama. 

Tambahan : 

lakukan setting pada router utama pada opsi DHCPnya, karena kebetulan pada router utama Saya alamt IP utamanya adalah 192.168.1.1 maka biasanya alamat DHCPnya dimulai dari 192.168.1.2 sampai dengan 192.168.1.254, karena IP 192.168.1.2 nantinya akan digunakan pada router yang akan kita jadikan relay tadi (FiberHome HG6243C) makan kita ubah alamat DHCP pada router utamanya, dan disini Saya mengubahnya dari 192.168.1.2 - 192.168.1.254 menjadi 192.168.1.11 sampai dengan 192.168.1.254. Hal ini dilakukan agar nantinya IP dari router relay kita tidak bentrok dengan IP perangkat lainnya yang tersambung ke router utama.

Demikian pembahasan mengenai Memanfaatkan Router FiberHome HG6243C Untuk Memperluas Jangkauan Wifi (Internet), mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Selamat mencoba, terimakasih, dan Salam Mas Operator!!!

#FiberHomeHG6243C

#RouterBekasIndihome

#PassWordFiberHomeHG6243C

#ParalelInternet

#ParalelIndihome 

2 comments for "Memanfaatkan Router FiberHome HG6243C Untuk Memperluas Jangkauan Wifi (Internet)"

  1. Klo menggunakan mikrotik , caranya gimana kk .. saya ada modem hg6145f +mikrotik rb 750G .. Rencana modem nya sumber utama Internet ..plus di jadikan wifi voceran dengan bantuan mikrotik nantinya ..pencerahan nya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ini modem bawaan dari Indihome mau dijadikan sumber sekaligus buat jembatan voucherannya? kalau gitu keknya ga bisa, kudu ada modem hg6145f lagi mas broo,..

      Delete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :