Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, selamat datang kembali di Blog Sederhana Saya ini (Mas Operator), dan tak lupa Saya ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Anda Pengunjung Blog Saya ini. Artikel/postingan Saya pada kesempatan kali ini adalah masih mengenai Aplikasi E-Rapor SD, dan pembahasan yang akan Saya sampaikan pada kesempatan kali ini adalah mengenai "Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final".

Seperti yang sudah Saya bahas di artikel Saya sebelumnya (dengan Label E-Rapor) bahwa dalam penggunaan Aplikasi E-Rapor ini dibagi menjadi 3 (tiga) level pengguna, yakni Admin, Guru, dan Wali Kelas. Dimana masing-masing level pengguna tersebut memiliki fungsi/tugas yang berbeda-beda. Untuk mencetak Rapor di Aplikasi E-Rapor hanya level pengguna Admin dan Wali Kelas saja, namun level pengguna Admin lebih dominan dibanding level pengguna Wali Kelas. Kenapa demikian? ya memang seperti itulah sistem yang ada di Aplikasi E-Rapor ini, yang membuat level pengguna Admin lebih dominan dibanding dengan level pengguna Wali Kelas adalah, adanya fitur pemberian tempat dan tanngal rapor dicetak yang terdapat di dalam level pengguna Admin.

Dengan demikian, Wali Kelas belum bisa 100% untuk mencetak Rapor yang sudah siap cetak di Aplikasi E-Rapor tersebut. Baiklah, langsung saja kita lanjut mengenai proses cetak rapor di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final ini, dan berikut merupakan langkah-langkahnya :

Oh, iya sebelum melanjutkan ke tahap proses cetak rapor, sebaiknya pastikan dulu Guru dan Wali Kelas sudah selesai melaksanakan tugasnya. Bapak/Ibu Guru baik Guru Kelas, Mapel, Maupun Wali Kelas sudah menyelesaikan semua tugasnya melalui Aplikasi E-Rapor ini.

1. Login Sebagai Admin,
2. Klik Menu Cetak Leger & Rapor

Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final

3. Sebelum melanjutkan untuk mencetak rapor, terlebih dahulu kita tentukan/inputkan tanggal rapornya, caranya klik pada sub menu Input Tanggal Rapor (letaknya berada persis di bawah Menu Cetak Leger & Rapor), perhatikan gambar di bawah ini :

Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final

Maka secara otomatis akan muncul sebuah form untuk menginput Tempat dan Tanggal Cetak Pada Rapor, perhatikan lagi gambar di bawah ini :


pertama input Tempat Cetak, yang biasanya kita tulis/isi dengan nama Kabupaten/Kota kota sekolah kita masing-masing, kemudian kedua, kita inputkan tanggal cetak rapor. Terakhir ketiga, klik pada tombol SIMPAN (berwarna hijau). Lanjut ke tahap berikutnya :

4. Jika Input Tempat dan Tanggal Rapor sudah selesai, berikutnya adalah proses cetak rapor yang sesungguhnya ,.. heheheheh. Klik pada Menu Cetak Rapor, perhatikan gambar di bawah ini :

Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final

Seperti yang ditunjukkan gambar di atas, setelah kita klik Menu Cetak Rapor, akan muncul jendela baru. Yakni, jendela setting rapor, jendela setting rapor ini merupakan salah satu langkah sebelum kita mencetak rapor. Pada jendela setting rapor ini kita diwajibkan untuk melakukan setting ukuran kertas, orientasi, dan margin. Jika Anda menginginkan rapor akan dicetak menggunakan kertas HVS F4 (folio) maka silahkan ganti jenis kertas pada opsi ukuran kertas, dan jika Anda menginginkan orientasi rapornya adalah landscape (horisontal) silahkan Anda ganti pada opsi orientasi. Kemudian untuk batas tepi kertas bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda, dan bisa Anda tentukan melalui opsi margin, disana Anda bisa menentukan batas margin (garis tepi) kiri, kanan, atas, bawah, dan footer. Namun jika Anda menginginkan agar settingan rapor secara deafult, maka Anda tidak usah melakukan perubahan apa-apa, hanya tinggal klik tombol Terapkan Kertas (tombol berwarna biru muda). Begitu juga jika Anda melakukan perubahan pada setting rapor, silahkan klik tombol Terapkan Kertas juga, hal ini dimaksudkan agar semua settingan yang Anda sudah buat bisa disimpan di Aplikasi e-Rapor ini.

5. Setelah Melakukan Setting pada kertas rapor (diakhiri dengan klik tombol Terapkan Kertas), maka secara otomatis akan muncul sebuah sebuah combo box yang berisi nama kelas yang akan dicetak rapornya, silahkan tentukan kelas mana yang akan Anda cetak terlebih dahulu. Perhatikan gambar di bawah ini :


6. Setelah menentukan kelas yang akan dicetak rapornya, maka secara otomatis akan muncul daftar nama disertai dengan tombol cetak rapor, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini :


Seperti yang ditunjukkan gambar di atas, ada dua buah tombol cetak rapor, tombol tersebut adalah tombol Cetak Kelengkapan Rapor dan Cetak Nilai Rapor. Dan yang perlu Anda tahu, kita bisa mencetak rapor 1 (satu) kelas sekaligus, juga bisa mencetak satu-satu sesuai dengan nama peserta didik. Jika kit menginginkan mencetak rapor 1 (satu) kelas sekaligus, silahkan klik tombol Cetak Pdf Kelengkapan Satu Kelas dan Cetak Pdf Rapor Satu Kelas. Namun jika kita menginginkan mencetaknya satu persatu silahkan klik pada tombol cetak yang berwarna hijau dan biru yang terdapat di samping sebelah kanan nama peserta didik masing-masing. Nantinya setelah kita klik tombol cetak kelengkapan rapor maupun cetak nilai rapor, secara otomatis akan tersimpan menjadi file PDF. Silahkan Anda simpan baik-baik file rapor tersebut, barangkali Anda menginginkan mencetaknya dilain hari.

Demikian mengenai "Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final" mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan bisa dipahami, dan menjadi manfaat untuk kita semua. Sekian, terimakasih, dan Wasssalamu'laikum Wr. Wb.

Salam Operator Sekolah!!!

Post a Comment for "Proses Cetak Rapor Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final"