Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Menggunakan Excel - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Menggunakan Excel

Assalamu'alikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semuanya. Alhadulillah kembali Saya bisa menyapa Sobat Blogger semuanya melalui sebuah artikel/postingan ini. Tak lupa dan takkan ada bosannya Saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Anda semuanya yang sudah mengunjungi Blog Sedehana Saya ini (Mas Operator).

Pada kesempatan kali ini Saya akan membagikan kembali sebuah Aplikasi Sederhana yang Saya buat menggunakan Ms. Excel, tentunya dengan memanfaatkan fitur VBA Macro didalamnya. Aplikasi ini Saya berinama Simple Student Card V.1.0 Beta 1.


Maksud dan tujuan Saya dalam membuat Aplikasi Cetak Kartu Pelajar ini diantara adalah selain sebagai sarana untuk mencetak Kartu Pelajar, kemudian sebagai pembelajaran Saya di dalam belajar Pemprograman menggunakan Macro VBA Excel.

Untuk fitur-fiturnya sendiri adalah selayaknya sebuah Aplikasi Cetak Kartu lainnya, diantaranya adalah :

  1. Setting identitas/profil sekolah plus upload logo sekolah;
  2. Input Data Siswa;
  3. Edit Data Siswa;
  4. Hapus (Reset) DataBase Siswa; 
  5. Setting kartu (background, warna teks, dll); dan
  6. Cetak Kartu Pelajar (tentunya)... 😆😆😆

Berikut ini tampilan dari Kartu Pelajar yang dihasilkan dari Aplikasi Simple Student Card V.1.0 Beta 1 ini :


Karena Aplikasi ini dibuat menggunakan Ms. Excel dengan Macro VBA, maka pada saat menggunakan Aplikasi ini harus (wajib) meng-enable-kan Macro pada Ms. Excel yang Sobat Blogger gunakan. Aplikasi ini juga Saya buat dalam 2 (dua) versi, yakni versi 32 bit dan 64 bit, supaya Sobat Blogger bisa memilih dan disesuaikan dengan Sistem Operasi yang Sobat Blogger gunakan.

Karena Saya masih dalam tahap belajar, kemungkinan akan ada beberapa masalah (error) yang nantinya muncul, dan berdasarkan apa yang Saya kerjakan ada beberapa kelemahan yang terdapat pada Aplikasi Simple Student Card V.1.0 Beta 1, daiantaranya adalah :

Pada saat kita akan mencetak kartu, kita harus menginputkan paling sedikit adalah 4 (empat) data didalam aplikasi ini. Kemudian ukuran (size) dari aplikasi ini juga lumayan besar, yakni + 3 Mb. Kemudian akan ada data yang ganda bila jumlah data (siswa) yang diinputkan kurang dari jumlah minimal yang diharuskan (wajibkan).

Untuk Layout (User Interface) dari Aplikasi ini terlihat akan sama seperti Aplikasi-Aplikasi yang sebelumnya sudah Saya bagikan melalui Blog Saya ini, seperti Aplikasi Database Siswa (Adabs), Aplikasi E-Pegawai, dan Aplikasi Local Wallet. Ribbon Menu Excel tidak akan ada lagi ketika kita menggunakan Aplikasi ini.

Baiklah, bagi Sobat Blogger yang ingin mengunduh (download) Aplikasi ini silahkan Sobat klik beberapa link di bawah ini :

Download Aplikasi Simple Student Card V.1.0 Beta 1 32 Bit

Download Aplikasi Simple Student Card V.1.0 Beta 1 64 Bit

--- Download Versi Update (Terbaru)---


Info Tambahan :

Bagi yang menggunakan Antivirus Smadav, mohon baca artikel Saya DISINI

Silahkan ekstrak file yang masih berformat *.rar, dan jangan pisahkan beberapa folder dan file hasil ekstrakannya, tempatkan dalam satu folder/direktori.

Demikian mengenai  Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Menggunakan Excel, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih, selamat mencoba, dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

NB : Mohon laporkan jika link download error/rusak, agar sesegera mungkin Saya perbaiki. Terimakasih.

Salam Mas Operator!!!

#SimpleStudentCard

#AplikasiCetakKartuPelajarExcel

#VBAMacroExcel

#AplikasiExcelGratis

#CetakKartuPelajar

#AplikasiVBAExcel

5 comments for "Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Menggunakan Excel"

  1. untuk mengganti TTD/Stempel gambar harus berekstensi *.png :)

    ReplyDelete
  2. bagus sekali aplikasinya mas,,
    terimakasih,
    hanya saja yang 64 bit sepertinya terjadi eror, tapi yang 32 bit lancar jaya.
    untuk mengganti template tulisan yang dibelakang bgmna caranya mas ?
    apakah diizinkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengganti template harus dibongkar semua pak,.. silahkan email aja nanti Saya kirim file yang tidak diproteksi :)

      Delete
  3. bagaimana mengganti Pemerintah Kabupaten/kota bisa di edit diganti misalnya dengan kemeterian agama

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :