Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI

Mas Operator. Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semuanya, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini Saya Mas Operator kembali bisa menyapa Sobat Blogger semuanya melalui artikel/postingan ini. Dan sesuai dengan judul artikel/postingan ini, Saya akan memberikan sebuah informasi sekaligus tutorial sederhana mengenai Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI

Apa itu PDDIKTI?

PDDIKTI adalah sebuah pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi seluruh Indonesia. Kumpulan data tersebut dikelola oleh Dirjen Dikti yang beralamatkan di https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Data yang ada merupakan hasil sinkronisasi yang dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi nasional.

Data yang tercantum dalam PDDIKTI merupakan kumpulan data penyelenggaraan Pendidikan Tinggi seluruh Perguruan Tinggi yang terintegrasi secara nasional. Pangkalan data ini menjadi salah satu instrumen pelaksanaan penjaminan mutu.

Dalam pasal 56 ayat 2 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyebutkan bahwa Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai sumber informasi bagi:

  1. Lembaga akreditasi, untuk melakukan akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
  2. Pemerintah, untuk melakukan pengaturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan,
    dan evaluasi serta pembinaan dan koordinasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; dan
  3. Masyarakat, untuk mengetahui kinerja Program Studi dan Perguruan Tinggi

Sumber : https://www.duniadosen.com/pddikti-rujukan-informasi-pt/

Dan berikut Saya berikan panduan cara untuk cek data baik mahasiswa, dosen, prodi, maupun perguruan tinggi melalui website PDDIKTI :

1. Silahkan klik buka link ini : https://pddikti.kemdikbud.go.id/

2. Akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini :

Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI

Sesuai yang ditampilkan pada gambar diatas, pada saat kita pertama kali membuka/mengakses website PDDIKTI akan muncul sebuah form yang bisa kita gunakan untuk melakukan pencarian data baik mahasiswa, dosen, prodi, maupun perguruan tinggi, dan pada artikel/postingan ini Saya akan memberikan contoh dalam pencarian data Mahasiswa.

Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI

3. Pastikan pada pilihan kategori pencarian sudah dipilih Data Mahasiswa

4. Lanjutkan dengan mengisi data yang diperlukan lainnya, seperti NIM, Nama Mahasiswa, Nama Perguruan Tinggi dan Nama Prodi, seperti pada gambar di bawah ini :

Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI

Jika data sudah di input semua, silahkan verifikasi Captcha kemudian klik tombol cari, maka akan tampil data mahasiswa sesuai yang kita inputkan :

Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI
5. Silahkan klik pada nama mahasiswa pada nama mahasiswa yang muncul untuk mengetahui detail dari data mahasiswa, atau klik pada nama perguruan tinggi pada nama perguruan tinggi yang muncul pada hasil pencarian untuk melihat data detai dari perguruan tinggi.

Untuk pencarian lainnya silahkan disesuaikan pada pilihan yang akan kita cari. Cukup mudah bukan? demikian mengenai Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI. Mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampiakan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih, dan selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Mas Operator!!!

#CekDataMahasiswaDIKTI

#CekDatadiDIKTI

#CekNIMMahasiswa

#MasOperator

Post a Comment for "Cara Cek Data Mahasiswa, Dosen, Program Studi, dan Perguruan Tinggi Melalui PDDIKTI"