Proses Kirim Nilai Rapor Aplikasi E-Rapor Ke Aplikasi Dapodik - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Kirim Nilai Rapor Aplikasi E-Rapor Ke Aplikasi Dapodik

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahter untuk kita semua, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini Saya bisa untuk kembali menyapa Sobat Blogger semua, dan tak lupa Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pengunjung Blog Saya ini (Mas Operator). Baiklah, pada artikel/postingan kali ini Saya akan kembali membahas mengenai Aplikasi E-Rapor, dan pembahasan pada kesempatan kali ini adalah merupakan proses akhir dari semua pengerjaan di Aplikasi E-Rapor.

Proses akhir ini merupakan proses kirim data nilai rapor yang sudah kita kerjakan melalui Aplikasi E-Rapor, dimana data nilai rapor tersebut akan kita kirim ke dalam database Aplikasi Dapodik Sekolah kita masing-masing.

Pada proses kirim data nilai rapor ini tidak membutuhkan koneksi internet, bisa kita lakukan scara offline, dan berikut merupakan langkah-langkah dalam proses kirim data nilai rapor dari Aplikasi E-Rapor ke dalam Aplikasi Dapodik :

1. Buka Aplikasi E-Rapor, kemudian login sebagai Admin;
2. Pada halaman Aplikasi E-Rapor silahkan klik Menu Sinkron Nilai Dapodik ;

Cara Kirim Nilai E-Rapor Ke Aplikasi Dapodik

3. Akan muncul jendela seperti pada gambar di bawah ini :


Klik tombol cek dan ambil nilai siswa yang akan dikirim (yang ditunjukkan dengan garis kotak merah) pada gambar di atas.

4. Tunggu hingga proses pengecekan nilai selesai, dan berikut merupakan gambar proses cek data nilai di Aplikasi E-Rapor :



5. Setelah proses cek nilai selesai, maka akan muncul sebuah jendela dengan tampilan seperti gambar di bawah ini :


Klik tombol Sinkron Nilai ke Dapodik (tombol yang berwarna hijau yang ditujukkan dengan garis merah pada gambar di atas). Tunggu hingga proses kirim nilai selesai, proses kirim nilai ditunjukkan pada gambar di bawah ini :



6. Setelah proses kirim/sinkron nilai ke dapodik selesai, akan muncul jendela dengan tampilan seperti pada gambar di bawah ini :


Klik tombol Kembali 

Nah, dengan demikian proses kirim data nilai dari E-Rapor ke Aplikasi Dapodik sudah selesai, sekarang kita Syncron aplikasi Dapodik kita, hal ini supaya data nilai yang sudah dikirim dari Aplikasi E-Rapor tadi bisa masuk server Dapodik, untuk proses syncron dapodik sendiri adalah sama, seperti pada saat kita syncron aplikasi Dapodik kita pada umumnya, cek validasi lokasi, kemudian klik syncron, dan berikut merupakan tampilan dari Proses Syncron Aplikasi Dapodik :

Tampilan Syncron Aplikasi Dapodik

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, terdapat tabel perubahan pada Aplikasi Dapodik, dan yang muncul di tabel perubahasan tersebut berisi semua data yang kirim dari Aplikasi E-Rapor tadi.

Demikian pembahasan mengenai "Poses Kirim Nilai Rapor Aplikasi E-Rapor Ke Aplikasi Dapodik" mudah-mudahan artikel pada kesempatan kali ini bisa dipahami oleh semua pengunjung Blog Saya, dan menjadi manfaat bagi kita semua, terimakasih dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Operator Sekolah!!!

Post a Comment for "Proses Kirim Nilai Rapor Aplikasi E-Rapor Ke Aplikasi Dapodik"