Cara Mengganti Template Blogger (Versi Blogger Terbaru) - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Template Blogger (Versi Blogger Terbaru)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, selamat datang kembali di Blog Saya ini (Mas Operator). Alhamdulillah Saya masih diberikan nikmat sehat dan sempat oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga pada kesempatan kali ini Saya bisa kembali menyapa Sobat Blogger semua.

Pada artikel kali ini Saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Blogger, dimana untuk saat ini Blogger telah merilis versi terbarunya, meskipun tidak secara langsung para penggunanya akan merasakan dampaknya. Dari pihak Blogger sendiri masih memberikan kesempatan penggunaanya untuk memilih menggunakan versi yang lama (klasik) atau versi yang terbaru.

Pada saat pertama kali kita login ke halaman Blogger kita biasanya mendapatkan sebuah notifikasi yang isinya adalah sebuah pertanyaan, dimana pertanyaan tersebut merupakan sebuah ajakan, ajakan kepada kita penggunanya untuk memilih ingin menggunakan Blogger versi baru atau masih tetap menggunakan Blogger versi yang lama (klasik). Meskipun kita masih bisa kembali menggunakan versi lama (klasik) setelah kita terlanjut memilih menggunakan Blogger versi yang terbaru.

Untuk Blogger versi yang terbaru, tentu saja akan berbeda sekali dari versi yang lama (klasik) dilihat dari tampilan dan peletakkan tombol2 perintah yang ada. Dan berikut merupakan gambar dari tampilan Blogger versi yang terbaru :

Cara Mengganti Template Blogger (Versi Blogger Terbaru)

Gambar di atas merupakan tampilan dari halaman Post (versi Blogger terbaru), dimana ditampilan Posts tersebut akan muncul sebuah gambar thumbnail dari artikel/postingan kita, kemudian munculnya tombol tambah/buat postingan baru yang berbentuk tanda Plus yang berada didalam gambar lingkaran berwarna merah.

Kembali ke pokok pembahasan artikel/postingan kali ini yakni "Cara Mengganti Template Blogger (Versi Blogger Terbaru)" cara untuk melakukan edit maupun mengganti template masih tetap sama dengan versi yang lama (klasik) hanya saja tampilan dari halamannya saja yang berbeda, dan berikut merupakan langkah-langkah dalam mengganti template blog menggunakan versi Blogger terbaru  :


1. Login ke Akun Blogger kita;
2. Klik Pada menu Theme/Tema;
3. Pada halaman Theme, silahkan klik tombol yang berlogo titik-titik yang letaknya berada disamping kanan halaman, perhatikan gambar di bawah ini :


Sehingga akan muncul sub menu seperti gambar di bawah ini :


Ada 5 (lima) sub menu yang muncul setelah kita klik tombol yang belogo titik-titik tadi :
1. Backup
Untuk membackup (mendownload) template yang sekarang (masih) kita gunakan
2. Restore
Untuk mengupload template yang berupa file template (*.xml)
3. Switch to first generation Classic theme
Untuk mengembalikan ke tamplate klasik blogger
4. Edit HTML
Untuk mengedit template  yang sekarang (masih) kita gunakan melalui tampilan HTML (script)
5. Mobile Setting
Untuk mengkatifkan/menonaktifkan tampilan template Mobile

Dan yang sesuai dengan pokok pembahasan kali ini yakni sub menu nomor 2 (dua) Restore, untuk mengganti template blog kita, syarat utama yang harus dipenuhi adalah kita memiliki sebuah file template (*.xml) entah itu hasil dari download atau pun buatan sendiri. Kita juga mengupload kembali template yang pernah kita backup sebelumnya. Jadi menu Restore ini adalah tombol yang memiliki fungsi untuk mengupload file template yang sudah jadi, baik hasil dari backup template sebelumnya atau pun template baru hasil dari download.

Untuk mengupload template yang akan kita gunakan/kita inginkan adalah sebagai berikut :
Klik pada Restore, kemudian akan muncul sebuah jendela seperti beriut ini :


Klik tombol UPLOAD, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Kemudian secara otomatis kita akan dialihkan ke drive PC/Laptop kita, cari dan pilih file Template yang kita inginkan.  Selesai.

Mudah bukan? mudah-mudahan artikel kali ini bisa dipahami oleh semua pengunjung Blog Saya ini (Mas Operator), demikian mengenai "Cara Mengganti Template Blogger (Versi Blogger Terbaru)", sekian, terimakasih, dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Operator Sekolah!!!

Post a Comment for "Cara Mengganti Template Blogger (Versi Blogger Terbaru)"