Cara Menambahkan Foto Peserta Didik/Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Foto Peserta Didik/Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, Hallo selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Anda semua di Blog Mas Operator, pada artikel kali ini masih membahas mengenai Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final, dan pada artikel kali ini yang menjadi poko pembahasan adalah mengenai "Cara Menambahkan Foto Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final".

Cara Menambahkan Foto Siswa Di Aplikasi E-Rapor



Untuk dapat melanjutkan proses tersebut di atas, pastikan terlebih dahulu data siswa/peserta didik sudah valid semuanya, yang utama adalah NIS (Nomor Induk Sekolah), dan untuk mengedit NIS (Nomor Induk Sekolah) kita harus membuka Aplikasi Dapodik Sekolah kita masing-masing. Kenapa harus membuka Aplikasi Dapodik? ya memang seperti itu, Aplikasi E-Rapor sebenarnya adalah sebuah aplikasi kosong, dimana untuk menginput data didalamnya kita harus mensyncronkan Aplikasi E-Rapor kita dengan Aplikasi Dapodik. Dan kenapa NIS bukan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), itu karena sudah dari sananya, pihak pengembang aplikasi E-Rapor sudah mensettingnya seperti itu.

Sebenarnya cara untuk menambahkan foto siswa/peserta didik hampir sama prosesnya dengan cara mengubah logo sekolah pada Aplikasi E-Rapor ini. Karena untuk bisa menambahkan foto siswa/peserta didik tersebut kedalam Aplikasi E-Rapor ini kita harus mesuk keda dalam direktori/folder tempat dimana Aplikasi E-Rapor ini terinstall.

Baiklah, lanjut untuk pembahasan mengenai "Cara Menambahkan Foto Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final" dan berikut merupakan cara/langkah-langkahnya :



NB : Pada contoh ini Saya hanya menambahkan 5 (lima) foto siswa, kita bisa menambahkan foto siswa sebanyak jumlah siswa yang ada disekolah kita masing-masing (dari kelas I - Kelas VI).

1. Siapkan foto siswa/peserta didik yang berformat *.jpg, dan usahakan ukuran dari file foto tersebut sudah diedit menjadi ukuran 3x4 cm, silahkan Anda edit terlebih dahulu menggunakan aplikasi editing foto yang Anda kuasai, atau bisa minta bantuan kepada orang lain :D.
2. Masing-masing dari foto siswa/peserta didik tersebut direname/diubah nama filenya menjadi NIS masing-masing siswa/peserta didik.
3.Buka folder  FotoSiswa yang letaknya adalah didalam path sebagai berikut :
C:\eRaporSD\dataweb\eraporsd\raporsd\FotoSiswa

Didalam folder FotoSiswa tersebut silahkan buat sebuah folder baru dan namai folder baru tersebut dengan nama 35, perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Menambahkan Foto Peserta Didik/Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final

Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas, sudah ada folder dengan nama 35 yang merupakan folder baru yang tadi Saya buat.

4. Copy dan tempel foto siswa yang siap untuk dimasukkan kedalam Aplikasi E-Rapor tadi ke dalam folder 35 tersebut :
Cara Menambahkan Foto Peserta Didik/Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final
Selesai.

Untuk memerikasa apakah foto siswa tadi sudah masuk kedalam Aplikasi E-Rapor atau belum, silahkan lakukan langkah-langkah dibawah ini :

1. Login Apliaksi E-Rapor menggunakan Akun Admin;
2. Klik Menu Data Referensi Dapodik, kemudian Klik Sub Menu Data Siswa :


3. Pada halaman Data Peserta Didik klik tombol Edit yang berada di baris Nama Pesera Didik/Siswa yang letaknya dibelah kanan dan berawarna Orange. Perhatikan gambar di bawah ini :


Dan jika berhasil, maka pada halaman Edit Siswa akan muncul foto seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini :


Mantap,....

Nah dengan demikian, pada saat kita mencetak data Kelengkapan Rapor nantinya secara otomatis akan ada foto siswa yang berada pada halaman Keterangan Peserta Didik.

Demikian pembahasan mengenai "Cara Menambahkan Foto Peserta Didik/Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final" mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada artikel kali ini bisa dipahami oleh pengunjung Blog Saya ini, dan menjadi manfaat untuk kita semua, terimakasih dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Operator Sekolah!!!

#E_Rapor 
#Foto_Siswa_Di_E_Rapor

Post a Comment for "Cara Menambahkan Foto Peserta Didik/Siswa Di Aplikasi E-Rapor SD V.1.0 Final"