Sumur Wanabadra Di Desa Wanamulya Pemalang - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumur Wanabadra Di Desa Wanamulya Pemalang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua, pada kesempatan kali ini Saya akan membagikan sebuah informasi mengenai ditemukannya sebuah situs kuno yang disebut sebagai SUMUR WANABADRA oleh penduduk setempat, Sumur Wanabadra ini ditemukan di sebuah Dusun yang terletak di sebuah Desa di salah satu Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Untuk lokasi sendiri adalah di Dusun Wanasari (RW.002) Desa Wanamulya.

Sumur Wanabadra Di Desa Wanamulya Pemalang

Awal penemuan sumur tersebut adalah keingintahuan warga tentang kebenaran cerita para orang tua dulu ihwal keberadaan sebuah sumur ’gaib’ yang bernama Sumur Jolotundo. Seperti disampaikan Suroso (40) warga setempat. Dia bersama rekan-rekannya ingin membuktikan cerita sejarah para sesepuh desa. Setelah melalui kesepakatan akhirnya penggalian pun dimulai Minggu (15/10) kemarin dengan sasaran 5 titik. Ketika ditemui di lokasi penggalian Senin (16/10) diakui pihaknya sudah berkonsultasi dengan orang berdaya luwih untuk melakukan penggalian sumur itu. Termasuk telah mendapatkan ijin dari pemilik tanah, H. Dalmuji.


Berdasarkan saran yang telah disepakati bersama akhirnya dilakukan penggalian di beberapa titik.
Dari lima titik yang digali, ternyata hanya satu titik yang rupanya sebagai lokasi sumur  yang dimaksud. Dalam kedalaman sekitar 2 meter ditemukan kluwung atau blengker, yang merupakan bejana terbuat dari tanah liat yang dibakar layaknya gerabah yang ada di saat ini. Gerabah berbentuk lingkaran tersebut berdiameter sekitar 80 centimeter. Selain benda ini juga telah ditemukan batu bata yang kondisinya telah pecah. Pecahan dan potongan batu bata tersebut dikumpulkan oleh warga. Termasuk pecahan kluwung yang ketebalannya sekitar 2 centimeter.


Saat menggali untuk yang keempat kalinya, di kedalaman 2,5 meter warga menemukan gerabah kuno dan bata merah. Penggalian kemudian dilanjutkan hingga ketemu sumur tersebut. Tanah lokasi sumur tersebut sebelumnya adalah tempat tumbuh pohon kelapa. Pohon tersebut kemudian ditebang kemudian tanah di bawahnya digali. Pemerhati cagar budaya, Ruslan Nolowijoyo mengatakan, temuan sumur Wanabadra bukan mengada-ada.
Sumur tersebut merupakan peninggalan masa lalu, diduga peninggalan zaman wali. ’’Pendapat warga setempat tidak berlebihan sebab batu bata yang ditemukan menunjukkan barang tersebut dibuat pada masa peralihan atau runtuhnya Majapahit dan berkembangannya Islam di tanah Jawa,’’ kata Ruslan. Adapun bejana berupa kluwungan merupakan gerabah, diperkirakan buatan masa setelah berdiri kesultanan Demak.
Demikian informasi mengenai Sumur Wanabadra Desa Wanamulya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Mas Operator!!!

Post a Comment for "Sumur Wanabadra Di Desa Wanamulya Pemalang"