Cara Untuk Mengubah Default Lokasi Penyimpanan Dokumen Ms. Office 2007 - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Mengubah Default Lokasi Penyimpanan Dokumen Ms. Office 2007

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera semua, Postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk mengubah lokasi penyimpanan dari Ms. Office 2007. Ada pun maksud dan tujuan dari mengubah lokasi penyimpanan dari Ms. Office 2007 ini ialah untuk menghindari kehilangan data jika suatu waktu PC/Laptop kita harus di install ulang. Karena secara Default lokasi penyimpanan dari Ms. Office 2007 ini adalah di direktori C. Dimana direktori C merupakan tempat/lokasi dimana Operating System Windows kita terinstall, jadi secara otomatis jika PC/Laptop kita di install ulang, maka semua data (folder dan semua file) akan di format. Kecuali sebelum kita install ulang kita membackup data tersebut terlebih dahulu.

Untuk mengatasi hal tersbut di atas, alangkah baiknya jika kita mengubah lokasi penyimpanan Ms. Office ke lokasi/direktori yang tidak terkena format pada saat install ulang nanti. Lokasi/direktori tersbut ialah direktori D, E, atau pun F tergantung partisi HDD (Hardisk) kita pada awalnya.

Pada contoh kali ini saya akan mengubah lokasi penyimpanan Office saya ke direktori D, karena partisi HDD (Harddisk) saya terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu C, D, dan E. Dan pada contoh kali ini juga saya akan membuat sebuah folder baru di direktori D untuk dijadikan lokasi default baru saya. Folder tersebut saya namai ketikan. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


Berikut merupakan langkah-langkah untuk menentukan lokasi penyimpanan Ms. Office 2007. Langkah-langkah ini akan berefek ke semua aplikasi Ms. Office 2007 nantinya (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point, Ms. Access, dan lain sebagainya).

1. Buka salah satu aplikasi Ms. Office 2007 (pada contoh saya akan menggunakan Ms. Word)
2. Klik Office Button dan klik Word Options :


Cara Untuk Mengubah Default Lokasi Penyimpanan Dokumen Ms. Office 2007

2. Kemudian klik opsi Save, dan gulir ke kanan, pada opsi Default file location : klik tombol browse (ini untuk menentukan direktori penyimapanan)


setelah klik tombol browse, akan muncul jendela baru, nah silahkan tentukan lokasi/direktori penyimpanan sesuai dengan keinginan kita. (pada contoh saya menentukannya di D:\ketikan


3. Terakhir akhiri dengan klik tombol OK, dan OK. 

NB : Langkah ini akan berefek ke semua aplikasi Ms. Office 2007 kita nantinya.

Untuk mencobanya, silahkan Anda gunakan salah satu Aplikasi Ms. Office 2007 Anda (Word, Excel, atau pun yang lainnya). kemudian save dokumen tersebut, maka secara otomatis akan tersimpan di lokasi/direktori sesuai yang telah kita pilih (seperti pada langkah-langkah di atas). Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alikum Wr. Wb.

Salam Mas Operator!!!

Post a Comment for "Cara Untuk Mengubah Default Lokasi Penyimpanan Dokumen Ms. Office 2007"