Antivirus Smadav Dan Macro Microsoft Office - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antivirus Smadav Dan Macro Microsoft Office

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Anda di Blog sederhana saya ini, pada postingan pertama sama ini, saya akan membagikan sebuah informasi berdasarkan pengalaman pribadi saya. Sesuai dengan judul postingan saya ini, yaitu "Antivirus Smadav Dan Macro Micorsoft Office."
Antivirus Smadav Dan Macro Microsoft Office
Sebagai operator sekolah pastinya kita sering menggunakan aplikasi microsoft office terutama microsoft office excel. Baik versi 2007, 2010, atau pun 2013. Karena aplikasi microsoft excel mempunyai  keunggulan yang sangat membantu sekali dalam pengerjaan tugas kita sebagai operator sekolah. Keunggulan yang saya maksud diantara adalah fitur formula, dan macro. Dimana dengan fitur unggulan tersebut kita bisa membuat file aplikasi. Sering sekali kita download aplikasi yang berbasis microsoft excel, seperti aplikasi raport, aplikasi PKG, aplikasi DUPAK, dan lain sebagainya. Dimana aplikasi tersebut mengandung formula dan macro tentunya.  Dan untuk menjalankan aplikasi tersebut kita diwajibkan untuk mengaktivkan/meng-enable fitur macro pada aplikasi microsoft excel tentunya.

Berdasarkan pengalman saya, saya pernah menjalankan aplikasi berbasis microsoft excel yang pada umumnya pada saat kita membuka aplikasi tersebut muncul sebuah pemberitahuan dari aplikasi microsoft excel untuk kita mengaktivkan fitur macro, tetapi ini tidak seperti biasanya. Kali ini tidak muncul pemberitahuan untuk mengaktivkan macro excelnya,. Padahal di laptop saya normal-normal saja.

Usut punya usut, ternyata hal ini terjadi karena pada PC / laptop yang saya gunakan barusan terinstal aplikasi antivirus Smadav. Dan ternyata aplikasi antivirus smadav versi terbaru mempunyai fitur disable macro. Dan untuk mengatasi hal tersebut di atas, seperti ini caranya :

1. Klik Kanan Pada Taskbar (pada contoh saya menggunakan Windows 7)

Antivirus Smadav Dan Macro Microsoft Office

2. Sorot pada Icon Smadav Antivirus
3. Klik Kanan Pada Pada Icon Smadav Antivirus Tersebut
4. Klik Pada Pilihan - Izinkan Windows Script & Office Macro (Permanen)



Selesai,..

Sekarang Macro Pada Ms. Excel pun sudah kembali normal seperti biasanya. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Salam Mas Operator!!!

1 comment for "Antivirus Smadav Dan Macro Microsoft Office"

  1. MASIH GAK BISA....MASIH ADA TULISAN MOHON AKTIFKAN MACRO

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :