Manajemen PDUN Tahun Pelajaran 2018/2019 - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen PDUN Tahun Pelajaran 2018/2019

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua, terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog Sederhana Saya ini (Mas Operator), pada kesempatan kali ini Saya akan mencoba untuk mengingatkan kembali khususnya kepada Anda yang berprofesi sebagai Operator Sekolah, karena tidak menutupi kemungkinan jika Operator Sekolah lah yang pasti dimintai tolong untuk mengerjakannya. Hehehehehe...

Sesuai dengan judul Postingan kali ini Manajemen PDUN, apa itu Manajemen PDUN? Manajemen PDUN adalah sebuah proses dimana kita harus memenej data dari Calon Peserta Ujian Nasional/UN, yang dulunya kita menggunakan BIOSISTEM. Berbeda dengan BIOSISTEM, Manajemen PDUN ini langsung terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik.

Seperti yang sudah Saya terangkan di atas, fungsi dari Manajemen PDUN ini adalah menejemen Data dari Calon Peserta Ujian Nasional yang ada di Sekolah kita masing-masing, yang harus dilakukan disini adalah memeriksa Data dari Calon Peserta Ujian Nasional/UN seperti : Nama Siswa, Tempat Lahir Siswa, Tanggal Lahir Siswa, Nama Ibu Siswa, Nama Ayah Siswa, dan lainnya.

Khusus untuk Nama Ayah kita bisa mengeditnya melalui Aplikasi Dapodik, dan untuk data seperti Nama Siswa, Tempat Lahir Siswa, Tanggal Lahir Siswa, Nama Ibu Siswa kita bisa mengeditnya melalui VervalPD, dengan cara mengupload scan dari Akte Lahir Siswa yang bersangkutan. Dan berikut ini Saya paparkan langkah-langkah yang harus dilakukan :


1. Buka web Manajemen PDUN dengan klik DISINI
2. Login menggunakan Akun Dapodik Sekolah masing-masing :

Manajemen PDUN
3. Klik pada menu Calon Peserta UN :



4. Unduh/download data Calon Peserta UN dalam bentuk Excel :
 Manajemen PDUN

5. Periksalah data tersebut, jika ada yang masih salah silahkan edit melalui aplikasi Dapodik atau pun VervalPD
6. Jika semua data sudah dianggap benar/fix silahkan klik pada menu Unduh File Calon Peserta UN :

Manajemen PDUN

7. Silahkan kirimkan data tersebut (yang berbentuk dile DZ) ke Dinas Pendidikan setempat di masing-masing wilayahnya.

8. Tunggu hingga Dinas Pendidikan mempublikasikan DNS (Data Nominasi Semesntara) disini biasanya kita masih diberi kesempatan untuk mengedit kembali jika masih terdapat data yang masih salah.
9. Tunggu hingga terbitnya DNT (Data Nominasi Tetap), pada tahap ini data sudah dianggap fix, dan calon Peserta UN pun siap untuk mengikuti Ujian Nasional (UN).

Demikian informasi mengenai Majaemen PDUN Tahun Pelajaran 2018/2019, semoga apa yang sudah Saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.Salam Mas Operator!!!

Post a Comment for "Manajemen PDUN Tahun Pelajaran 2018/2019"