Menghapus Virus Mail.Ru - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghapus Virus Mail.Ru

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua, selamat datang di Blog sederhana Saya ini (Mas Operator). Pada kesempatan kali ini Saya akan membagikan sebuah informasi mengenai sebuah virus yang bernama mail.ru dan juga bagaimana caranya untuk menghapus/menghilangkannya. 
Sebelum Saya membahasa bagaimana cara untuk mengahpus mail.ru, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu virus mail.ru, dan berikut merupakan penjelasan singkat mengenai virus mail.ru :

Go.Mail.Ru adalah pembajak peramban Rusia. Sistem Anda akan terinfeksi ketika Anda men-download dari atau klik link pada website teduh. Hal ini juga dapat diinstal ketika Anda menginstal shareware atau freeware program di komputer Anda. Setelah itu keuntungan masuk ke sistem Anda, ini Loge sendiri sebagai Smartsputnik di browser Anda dan tinggal di sana. Setiap kali Anda mencoba untuk mencari dari jendela peramban, Alih-alih membawa Anda ke mesin telusur bawaan Anda seperti Google, AOL, Yahoo, Bing, Meminta atau apa pun yang Anda atur sebagai default, Smartsputnik mengarahkan semua pertanyaan pencarian ke Go.Mail.Ru
Hal ini dapat mempengaruhi semua browser. Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Safari. Saya belum belum melihat masalah ini dalam Microsoft Edge Browser.
Secara teknis Smartsputnik atau halaman web diarahkan, Go.Mail.Ru bukanlah virus. Namun, dikategorikan sebagai pembajak browser dan 'PUP' (PROGRAM YANG MUNGKIN TIDAK DIINGINKAN) karena ia mengubah setelan peramban bawaan di komputer Anda tanpa izin Anda. Hal ini memungkinkan sistem Anda akan disajikan dengan adware, spyware, malware dll.
Sekali terinfeksi, Smartsputnik akan menetapkan diri sebagai mesin telusur bawaan. Itu tidak akan memungkinkan Anda untuk me-reset atau mengubah pengaturan default dari browser Anda ke mesin pencari lainnya pilihan Anda.


Saya sendiri pernah mengalaminya, Saya mendownload sebuah file installer yang tadinya Saya kira itu adalah sebuah installer software/aplikasi yang Saya cari, tapi ternyata file installer tersebut merupakan sebuah installer dari virus mail.ru.Kemudian berefek pada PC Saya, pertama kali booting secara otomatis akan terbuka sebuah jendela iklan melalui web browser default pada PC Saya. Dan bukan hanya pada saat pertama kali PC booting, meski pun PC Saya sedang tidak Saya gunakan setiap beberapa menit sekali pasti akan seperti itu, tiba-tiba web broswer membuka sendiri dan jendela yang terbuka lagi-lagi web yang merupakan web komersil/iklan, hal ini tentu saja sangat menggangu sekali. Untuk itu Saya membuat postingan ini, mungkin postingan ini bisa bermanfaat bagi pengunjung Blog Sederhana Saya ini (Mas Operator).

Dan berikut merupakan langkah-langkah untuk menghapus virus mail.ru :

1. Tekan tombol Windows+R pada keyboard (Start - Run)
2. Ketik "regedit" (tanpa tanda kutip)

3. Akan terbuka jendela Registry Editor, kemudian tekan tombol Ctrl+F pada keyboard, selanjutnya ketikan mail.ru pada kolom find what dan tekan enter :



3. Kemudian hapus folder/file yang bertuliskan mail.ru, dengan cara klik kanan dan pilih delete, kemudian OK :


4. Jika sudah silahkan klik enter pada jendela find/klik Find Next hingga muncul sebuah peringatan/pemberitahuan seperti berikut :


Jika pada saat kita klik Find Next/Tekan Enter pada jendela Find, itu menandakan bahwa sudah tidak ada lagi file/folder yang berhubungan dengan virus mail.ru tersebut, lanjutkan dengan menutup jendela Registry Editor. Berikut beberapa contoh file/folder yang berhubungan dengan virus mail.ru :





Demikian pembahasan mengenai virus mail.ru dan cara untuk menghapusnya, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Menghapus Virus Mail.Ru "