Disable Control Panel Pada Windows 7 - Mas Operator
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Disable Control Panel Pada Windows 7

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua, Alhamdulillah sampai dengan hari ini Saya masih diberikan nikmat sehat oleh Allah S.W.T. sehingga pada kesempatan kali ini Saya bisa untuk membagikan lagi sebuah informasi yang mungkin bermanfaat untuk semua, terutama untuk pengunjung setia Blog Mas Operator Saya ini.
Sesuai dengan judul postingan Saya kali ini, yang akan Saya bahas adalah mengenai Cara Untuk Mendisable Control Panel Pada Sistem Operasi Microsoft Windows 7. Control Panel merupakan suatu bagian dari Microsoft Windows antarmuka pengguna grafis yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat dan memanipulasi sistem dasar pengaturan dan pengendalian melalui applet.

Dengan demikian Control Panel merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah sistem operasi yang kita gunakan.  Bagi sekolah-sekolah yang memiliki sebuah lab komputer untuk kegiatan belajar siswanya, mungkin cara ini bisa Anda manfatkan. Tentunya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Karena sangat sulit bagi Guru jika harus mengawasi tiap Siswanya yang sedang melaksanakan kegiatan belajar menggunakan PC yang ada di lab sekolah masing-masing.

Dan berikut langkah-langkah untuk mendisable/menonaktifkan Control Panel Pada Sistem Operasi Window 7 :


1. Tekan tombol Windows+R pada keyboard (secara bersamaan), maka akan muncul jendela Run :

Disable Control Panel Pada Windows 7
2. Pada baris Open, ketikkan : "gpedit.msc" (tanpa tanda petik) :

Kemudian Klik OK/tekan Enter pada keyboard.



3. Maka akan muncul Local Group Policy Editor :


4. Klik Pada Administrative Templates Kemudian Klik Control Panel yang terdapat pada Group User Configurations, perhatikan gambar animasi di bawah ini :


Disable Control Panel Pada Windows 7

5. Pada Group Control Panel tersebut arahkan pointer ke jendela yang ada di sebelah kanan, dan klik dua kali/Double Click pada opsi Prohibit access to the Control Panel, dan selanjutnya klik opsi enable yang terdapat pada menu Prohibit access to the Control Panel tersebut lanjutkan dengan klik Apply kemudian klik OK dan akhiri dengan menutup jendela Local Group Policy, perhatikan gambar animasi di bawah ini :


Untuk melihat hasilnya silahakan klik tombol Start, Menu Control Panel sudah tidak ada lagi :


Untuk lebih menyakinkan lagi bahwa Control Panel sudah tidak bisa diakses/dibuka lagi, silahkan klik Start, kemudian ketikkan Control Panel, jika muncul Pilihan Control Panel, silahkan klik, dan lihat apa yang terjadi, berikut contoh penampakannya :



Hasilnya akan seperti berikut :

Kemudian ini :


Demikian pembahasan mengenai Cara Mendisable Control Panel Pada Sistem Operasi Microsoft Windows 7, terimkasih dan semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Mas Operator!!!

Post a Comment for "Disable Control Panel Pada Windows 7"