Menejemen Program Indonesia Pintar (PIP) Tingkat SD
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk semua, khusus untuk pengunjung Blog sederhana saya ini yang berprofesi sebagai PTK di Instansi Pendidikan (Tingkat Sekolah Dasar) mungkin sudah tidak asing lagi dengan PIP (Program Indonesia Pintar). Program Indonesia Pintar ini merupakan sebuah Program dari Pemerintah yang diselenggarakan dalam rangka untuk membantu Anak-Anak Indonesia terutama bagi mereka yang tergolong dalam kategori Rentan Miskin, atau dulu sering kita kenal dengan nama BSM (Bantuan Siswa Miskin).
Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari
kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus
sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.
PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.
PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.
Bagi tingkat Sekolah Dasar sendiri untuk dapat memanfaatkan Program PIP ini bisa dilakukan melalui Aplikasi Dapodikdas Sekolah masing-masing. Operator Sekolah bisa menentukan siswa/siswi mana yang berhak/layak untuk mendapatkan bantuan PIP ini, dan dari Aplikasi Dapodikdas nantinya data tersebut akan langsung masuk ke Tim Menejemen PIP Pusat.
Jika Operator Sekolah sudah menentukan siswa/siswi mana saja yang berhak untuk mendapatkan PIP melalui Aplikasi Dapodikdas Sekolah masing-masing, dilanjutkan melalui web khusus menejemen PIP tingkat SD yang sudah disediakan dan bisa diakses oleh sekolah masing-masing menggunakan akun dan password Aplikasi Dapodikdas.
Berikut beberapa fitur web Menejemen PIP Tingkat SD
1. Dashboard
2. Download Data, dan
3. Validasi Data
Untuk menu dashboard sendiri merupakan halaman awal dari web menejemen PIP, Download data merupakan halaman untuk mendownload data (data SK per tahap, download keseluruhan data PIP, dan download data validasi). Dan untuk menu Validasi Data sendiri digunakan untuk memfilter/menentukan ulang, disini kita bisa menentukan lagi siswa mana yang berhak dan tidak berhak mendapatkan PIP.
Berikut langkah-langkah untuk mengakses web menejemen PIP Tingkat SD
1. Buka halaman web menejemen PIP Tingkat SD atau bisa klik disini
2. Pilih tipe login (untuk operator sekolah silahkan pilih operator sekolah)
3. isikan pada Usernamae = email dapodik sekolah masing-masing, Password = password Dapodik sekolah masing-masing, dan NPSN = NPSN sekolah masing-masing, lanjutkan dengan klik tombol login.
4. Silahkan cek mungkin ada data siswa penerima PIP yang belum melakukan aktivasi akun PIP melalui Bank, download data tersebut melalui menu Download Data pilih pada tab Data SK per tahap. Jika memang belum ada siswa yang terdeteksi belum aktivasi akun, silahkan download data tersebut, kemudian Kirim data tersebut ke Bank yang telah ditunjuk sebagai tempat pencairan dana PIP, data tersbut dilampiri data Siswa (Kartu Keluarga, KTP orang tua, Keterangan dari Sekolah, dan lain-lain). Tunggu hingga data tersebut diproses pihak Bank.
5. Untuk memvalidasi ulang data penerima PIP, silahkan klik menu Validasi Data. Validasi ulang disini maksudnya adalah barangkali ada siswa penerima PIP yang sudah lulus dari SD kita. Jika ada siswa yang memang sudah lulus dari SD, silahkan lakukan langkah sebagai berikut :
klik menu Validasi PIP
Pilih siswa yang tidak layak (dalam hal ini siswa yang sudah lulus)
Demikian sekilas mengenai menejemen Program Indonesia Pintar Tingkat SD, terimakasih, dan semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Menejemen Program Indonesia Pintar (PIP) Tingkat SD"
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :